Rabu, 20 September 2017

Tahun Baru Islam 2017 1 Muharram 1439 H

Tahun Baru Islam 2017 1 Muharram 1439 H Jatuh Pada Tanggal
Setelah kita merayakan lebaran qurban idul adha di bulan Dzulhijjah, maka semua umat muslim di seluruh dunia kembali akan merayakan hari besar, yaitu tahun baru islam 1 muharram 1439 Hijriyah. sesuai dengan yang ada di kalender islam dan libur atau cuti bersama pemerintah. Di tahun 2017 tanggal 1 muharram 1439 jatuh pada hari kamis tanggal 21 september 2017.



Setelah hari dan tanggal 1 Muharram 1439 Hijriyah sudah di ketahui, lalu apa saja keutamaan di bulan Muharram ini?. Jadi pada bulan muharram yang paling banyak di lakukan oleh umat islam yaitu puasa di hari kesepuluh (10) adalah puasa Aasyuura. Dan puasa ini adalah puasa yang paling afdhal setelah puasa Ramadhan.

Kemudian, untuk menyelisihi kaum Yahudi yang juga berpuasa di tanggal sepuluh bulan muharram tersebut, maka Nabi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukannya dan memerintahkan kepada para sahabat radhiyallahu anhum untuk melakukannya berpuasa pula pada tanggal sembilannya. Dan, puasa sunah bulan Muharram, akan menghapus dosa-dosa setahun sebelumnya.

Ada dua pendapat dari sebagian ulama yang di makruhkannya (tidak disukainya) berpuasa pada tanggal 10 Muharram saja, karena menyerupai orang-orang Yahudi, tapi ulama lain membolehkannya meskipun pahalanya tidak sesempurna dengan puasa sehari sebelumnya.

Sebab Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan puasa tanggal 10 Muharram adalah karena pada hari itulah Allah Taala menyelamatkan Nabi Musa álaihis salam dan umatnya, serta menenggelamkan Firaun dan bala tentaranya, maka Nabi Musa alaihis salam pun berpuasa pada hari itu sebagai rasa syukur kepada-Nya, dan ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendengar orang-orang Yahudi berpuasa pada hari itu karena alasan ini, maka beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda,



Tidak ada komentar:

Tutorial Menjalankan Ruby on Rails

1. Pertama persiapkan XAMPP, start Apache dan mysql, dan buka localhos/phpmyadmin 2. Untuk membuat Project Pertama Kali Ketik "rails...